PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Main Author: SYARTINI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25271/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25271/2/GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25271/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Syartini, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diterapkan pendekatan kontekstual dengan siswa yang tidak diterapkan pendekatan kontekstual. 2) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diterapkan pendekatan kontekstual dengan siswa yang tidak diterapkan pendekatan kontekstual jika ditinjau dari adversity quotient. 3) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan adversity quotient terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain penelitian the non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil MTs Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.C sebagai kelas kontrol dan VIII.A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang belajar tidak menggunakan pendekatan kontekstual 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang belajar tidak menggunakan pendekatan kontekstual jika ditinjau dari adversity quotient siswa 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi faktor pendekatan pembelajaran kontekstual dan faktor adversity quotient siswa dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari Adversity Quotient siswa Madrasah Tsanawiyah Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Representasi Matematis, Adversity Quotient.