HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA
Main Author: | DEVIANI RISYANA, 11561200607 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25247/2/Bab%201-5%20%28ext.4%29.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25247/1/BAB%204%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25247/ |
Daftar Isi:
- HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA Deviani Risyana Deviani Risyana ABSTRAK Teknologi yang semakin pesat, banyak membawa dampak positif, namun juga membawa dampak yang negatif seperti menjadi tempat untuk mengintimidasi seseorang seperti mengirikan pesan melalui kata, gambar, maupun vidio yang menyerang yang disebut juga dengan cyberbullying. Salah satu faktor penyebabnya ialah regulasi emosi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying. Peneliti menggunakan subjek penelitian sebanyak 305 remaja dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa skala psikologi yang disusun sendiri oleh peneliti, yaitu skala perilaku cyberbullying dan skala regulasi emosi. Analisis data pada penelitian ini mengunakan teknik uji korelasi nonparametrik dari Spearman’s melalui program SPSS 25.0 for windows, diperoleh nilai koefisien korelasi (ρ) -0,468 dengan sig. (1-tailed) = 0,000; p<0,01, artinya hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying pada remaja. Sumbangan efektif dari regulasi emosi adalah sebesar 24 % terhadap perilaku cyberbullying pada remaja. Kata Kunci: regulasi emosi, perilaku cyberbullying, dan remaja.