PENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI(SMAN)5 KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR

Main Author: Mifta Hurrahmah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25177/1/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25177/2/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25177/
Daftar Isi:
  • Mifta Hurrahmah, (2019):Pengaruh Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas negeri (SMAN) 5 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Subjek penelitian adalah siswa yang belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 94 siswa terbagi dalam 4 kelas. Sampelnya berjumalah 48 siswa yakni 24 orang kelas XI 2 untuk kelas kontrol dan 24 siswa kelas XI 1 untuk kelas eksperimen. Teknik Pengumpulan data ini menggunakan teknik tes dan komentasi, analisis data dengan regresi linier sederhana menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan pengaruh penerapan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kecamatan Tanah Putih. Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dibuktikan denga persentase pengaruh penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar dapat dilihat bahwa t hitung 5,460 sedangkan t tabel sebesar 2.012 artinya t hitung > dari tabel (5,460> 2.012 ) maka diterima H_a diterima H_o ditolak. Jadik terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD) di bandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Kata Kunci : Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Siswa.