Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan bahwa kewibawaan dan keteladan guru di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tampan sudah bagus. Namun demikian Motivasi belajar siswa masih kurang. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kewibawaan dan keteladanan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Untuk memperoleh data tersebut peneliti mengunakan teknik pengumpualan data berupa angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, maka data tersebut dianalisis dengan mengunakan metode regresi linier berganda, dengan perhitungan mengunakan SPSS Hasilnya adalah Pertama,Terdapat pengaruh yang singnifikan kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di madrasah Aliyah sekecamatan tampan pekanbaru. korelasi antara variabel kewibawaan guru dengan motivasi belajar siswa diperoleh r = 0.336 dengan probabilitas = 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara kewibawaan dengan motivasi belajar. Kedua,Terdapat pengaruh yang singnifikan keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di madrasah Aliyah sekecamatan tampan pekanbaru. korelasi antara Variabel keteladanan dengan motivasi belajar = 0.523 dengan probabilitas = 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara keteladanan guru dengan motivasi belajar .Ketiga,Terdapat pengaruh yang singnifikan kewibawaan dan Keteladanan guru Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa di madrasah Aliyah sekecamatan tampan pekanbaru. Korelasi antara kewibawaan dan keteladanan guru terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 0.525 dan menjelaskan besarnya persentase pengaruh variabel kewibawaan dan keteladanan guru terhadap motivasi belajar yaitu sebesar 0.276 atau 27.6 %.