STRATEGI COPING ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS II B PEKANBARU
Main Author: | Rahmayani Br. Sembiring, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2506/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2506/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2506/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2506/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2506/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2506/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2506/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2506/ |
Daftar Isi:
- Strategi coping adalah usaha-usaha baik kognitif maupun perilaku yang digunakan untuk mengelola tuntunan internal atau eksternal dari situasi yang menekan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi coping yang digunakan anak didik pemasyarakatan. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak didik lembaga pemasyarakatan anak kelas II B Pekanbaru yang diambil berdasarkan teknik populasi yang berjumlah 47 orang yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Kemudian dari 47 kuesioner yang dibagikan, 33 kuesioner yang dikembalikan dan dapat dianalisis. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner cope Inventory dari Carver, Scheier, and Weintraub lalu diterjemahkan dan dimodifikasi oleh peneliti. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif deskriptif dan dianalisis berdasarkan demografi subjek penelitian. Diketahui bahwa secara strategi coping anak didik cenderung menggunakan emotional focused coping pada aspek turning to religion. Berdasarkan analisis tambahan seperti tindak pidana, tingkat pendidikan dan usia yang dianalisis menggunakan crosstabulation dan chi-square test diperoleh baik tindak pidana, tingkat pendidikan maupun usia anak didik cenderung menggunakan emotional focused coping namun dulihat dari nilai signifikansi (p > 0.05) artinya tidak ada pengaruh signifikan jenis tindak pidana, tingkat pendidikan dan usia terhadap strategi coping anak didik pemasyarakatan. Kata kunci: Strategi Coping, Anak Didik Pemasyarakaan