HUBUNGAN TINGKAT INTELEGENSI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU
Main Author: | AHMAT SYUKRO, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25049/1/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25049/2/BAB%20IV%20BARU.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25049/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan tingkat intelegensi siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan mengguanakan analisis statistik yakni analisis korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat intelegensi siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah seluruh siswa IPS di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Objek penelitian adalah hubungan tingkat intelegensi siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian adalah siswa IPS kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Sampel penelitian ini diperoleh dengan teknik Stratified Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 ditolak dan Ha di terima, yakni dengan rhitung dengan n = 58 sebesar 0,60 berada pada taraf signifikan 5% < r0 > 1% dengan interval (0,258 < 0,60 > 0,334) sehingga menunjukkan hubungan intelegensi dengan hasil belajar adalah hubungan yang kuat, sedangkan untuk thitung dengan n = 58 sebesar 5,61 berada pada taraf 5% diperoleh ttabel 2,00 dan pada taraf 1% diperoleh ttabel 2,66 sehingga (2,00 < 5,61 > 2,66) dan dapat disimpulkan terdapat korelasi positif sehingga menunjukkan adanya hubungan tingkat intelegensi siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Lalu dilakukan perhitungan koefisien determinasi dan diperoleh kesimpulan bahwa intelegensi memberikan kontribusi sebesar 36% dengan hasil belajar siswa dan 64% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata Kunci: Intelegensi (IQ), Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi