Efektivitas Teknik Kursi Kosong dalam LayananKonseling Individual untuk Meningkatkan Sikap Keterbukaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru

Main Author: Aldila Windy Putri, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25042/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25042/2/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25042/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Aldila Windy Putri (2019): Efektivitas Teknik Kursi Kosong dalam LayananKonseling Individual untuk Meningkatkan Sikap Keterbukaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual untuk meningkatkan sikap keterbukaan diri siswa.Masalah yang terjadi dengan siswa di SMK Negeri 7 Pekanbaru ialah sikap keterbukaan diri siswa yang rendah, siswa lebih cenderung merenung, tertutup, tidak percaya diri dan suka menyendiri.Jenis penelitian ini adalah Pre Eksprimen Design. Objek penelitian ini ialah efektivitas teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual untuk meningkatka sikap keterbukaan diri siswa. Data penelitian ini dikumpul menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji Validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Reliabelitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk mengetahuinya dapat diterapkan dalam teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual untuk meningkatkan sikap keterbukaan diri siswa dengan menggunakan analisis data Teknik analisis statistik non-parametrik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji jenjang bertanda Wilcoxon’s (signed rank testi).Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata skor sebelum diberikan perlakuan (Pre-Test) berjumlah 66 dan setelah diberikan perlakuan (Post-Test) berjumlah 119.6. Adapun hipotesis yang diuji dalam penelitian ini Ho = (Asym. Sig)>alpha 0.05 dan Ha = (Asym. Sig)<alpha 0.05. Hal itu dapat dilihat dari angka Asymp. Sig. (2-tailed) 0.043 < 0.05, maka teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual dapat diterapkan di sekolah untuk meningkatkan sikap keterbukaan diri siswa. Kata kunci : Kursi Kosong, Konseling Individual, Sikap Keterbukaan Diri