PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMK

Main Author: SITI NURHIDAYATI, 11515202312
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24987/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24987/2/SITI%20NURHIDAYATI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24987/
Daftar Isi:
  • ABSTPRAK Siti Nurhidayati, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK Abdurrab Pekanbaru yang belajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan self confidence tinggi, sedang dan rendah, dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dengan self confidence terhadap kemampuan berpikir kratif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI FKK SMK Abdurrab Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI FKK 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI FKK 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket self confidence dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMK Abdurrab Pekanbaru; (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan self confidence tinggi, sedang dan rendah siswa di SMK Abdurrab Pekanbaru; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dengan self confidence terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Confidence.