تأثير تطبيق الطريقة القياسية باستخدام استراتجي “ BISA” على استيعاب الجملة الاسمية لدى طلاب الصف الثاني في المدرسة المتوسطة “Future Islamic School” بكنبارو

Main Author: Siti Rosida, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24965/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24965/2/SKRIPSI%20SITI%20ROSIDA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24965/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Rosida, (2019) : Pengaruh Penerapan Metode Qiyasiyyah Dengan Menggunakan Strategi BISA (Belajar Islam Dan Bahasa Arab) Terhadap Penguasan Jumlah Ismiyyah Pada Siswa Kelas VIII Di SMPIT Future Islamic School Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan tentang penggunaan metode qiyasiyyah dengan mengggunakan strategi BISA terhadap penguasaan jumlah ismiyyah, dengan melihat ada tidaknya peningkatan penguasaan jumlah ismiyyah di kelas eksperiment. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah terdapat pengaruh penerapan metode qiyasiyyah dengan menggunakan strategi BISA terhadap penguasaan jumlah ismiyyah bagi siswa kelas VIII SMP IT Future Islamic School Pekanbaru?. Subjek penelitian adalah siswa SMP IT Future Islamic School Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah penggunaan metode qiyasiyyah dengan mengunakan strategi BISA terhadap penguasaan jumlah ismiyyah bagi siswa kelas VIII SMP IT Future Islamic School Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah Future Islamic School Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampelnya adalah siswa kelas VIII yang dibagi menjadi 2 yaitu untuk kelas kontrol dan eksperiment. Instrument data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi dilakukan pada setiap pertemuan atau proses pembelajaran eksperimen, dan tes dilakukan sebelum da sesudah menerapkan metode qiyassiyyah dengan menggunakan strategi BISA. Dari analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode qiyasiyyah dengan menggunakan strategi BISA terhadap penguasaan jumlah ismiyyah siswa. Karena nilai To =2,31 lebih besar dari Tt pada taraf signifikan 5% = 2,10 dan lebih kecil dari taraf signifikan 1% = 2,88. Berdasarkan table observasi, maka diperoleh hasil 95% yang berarti bagus sekali, karena terletak pada taraf 81%-100%. Kata Kunci : Pengaruh, Strategi BISA, Penguasaan Jumlah Ismiyyah