PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF-REGULATED LEARNING) SISWA SMP NEGERI PEKANBARU

Main Author: Ranti Novia, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24956/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24956/2/SKRIPSI%20RANTI%20NOVIA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24956/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ranti Novia, (2019): Pengaruh Penerapan Model Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Siswa SMP Negeri Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komuikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru, 2) ada atau tidak perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar (self-regulated learning) tinggi, sedang, rendah, 3) ada atau tidaknya interaksi model problem posing dengan kemandirian belajar (self-regulated learning) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini meupakan Quasy Eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent posttest only control group design. Populasi target dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random samling. Terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model problem posing dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran saintifik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan soal essay kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru. 2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang memiliki kemandirian belajar (self-regulated leaning) tinggi, sedang, rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model problem posing dengan kemandirian belajar (self-regulated learning) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Problem Posing, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar.