PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Main Author: Diatri Mardatillah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24922/1/FILE%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24922/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24922/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII MTs Negeri 3 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Kampar. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket self efficacy. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dan self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan komunikasi Matematis, Self Efficacy.