PENGARUH AKTIVITAS MENGIKUTI PEMBELAJARAN TAHSIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Raudatul Mardiah, 115511201437
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24853/1/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24853/2/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24853/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Aktivitas Mengikuti Pembelajaran Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Aktivitas Mengikuti Pembelajaran Tahsin dan Kemampuan Membaca al-Qur’an siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunanakan angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment secara manual dan bantuan SPSS ver.16 for windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa ada pengaruh signifikan aktivitas pembelajaran tahsin terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren madrasah tarbiyah islamiyah tanjung berulak kecamatan kampar kabupaten kampar. Diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,426 lebih besar dari r_(tabel ) pada taraf signifikan 5% (0.250) maupun 1% (0,325). Nilai signifikan 0.001 < 0.05 maka H_aditerima dan H_o ditolak. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0.168. Hasil ini menunjukkan sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 16.8 %. Kata Kunci: Aktivitas, Pembelajaran Tahsin, Kemampuan Membaca Al- Qur’an.