Pengaruh Pemanfaatan Teori Holland dalam Layanan Informasi terhadap Minat Karir Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Singingi Hilir

Main Author: Dian Anjarwati, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24850/1/BAB%20IV%20PEMBAHASAN%20DIAN%20ANJARWATI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24850/2/DIAN%20ANJARWATI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24850/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dian Anjarwati, (2019): Pengaruh Pemanfaatan Teori Holland dalam Layanan Informasi terhadap Minat Karir Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Singingi Hilir Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teori Holland dalam layanan informasi terhadap minat karir siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Singingi Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 282 siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Singingi Hilir. Sedangkan untuk menentukan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi linier sederhana. Syarat-syarat pelaksanaan analisis linier sederhana telah dilaksanakan dengan baik. Nilai cronbach alpha untuk instrumen pemanfaatan teori Holland dalam layanan informasi adalah 0.862 dan untuk instrumen minat karir adalah 0.867. Hasil penelitian ini adalah bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan Y (pengaruh pemanfaatan teori Holland dalam layanan informasi terhadap minat karir siswa) adalah 0.273 dengan tingkat probabilitas 0.000. Koefisien korelasi sebesar 0.273 > r tabel 0,220 mengandung arti bahwa korelasi antar kedua variabel signifikan. Selain itu karena probabilitas yang diperoleh 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka hipotesis alternatif yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan teori Holland dalam layanan informasi terhadap minat karir siswa diterima. Dengan sendirinya hipotesis nol yang berbunyi tidak terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan teori Holland dalam layanan informasi terhadap minat karir siswa ditolak. Selanjutnya untuk mengetahui besarnya koefisien determinasi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y dapat diketahui dengan meilihat nilai R Squere yaitu 0.074 yang berarti bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 7.4%. Dengan kata lain pemanfaatan teori Holland dalam layanan informasi berpengaruh 7.4% terhadap minat karir siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Singingi Hilir, sedangkan 92.6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti tentang variabel-variabel lainnya selain dari variabel yang dikaji. Kata Kunci : Teori Holland, Layanan Informasi, Minat Karir