Pengaruh Bimbingan Agama dalam Keluarga, Masyarakat dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Terhadap Perbaikan Perilaku Menyimpang Siswa SMK Se-Kabupaten Indragiri Hulu
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa SMKN di Kabupaten Indragiri Hulu yang belum dapat menjauhi perilaku menyimpang. Padahal bimbingan agama sudah diberikan dalam keluarga, masyarakat dan sekolah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1)Apakah ada pengaruh yang signifikan bimbingan agama dalam keluarga terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa?, (2)Apakah ada pengaruh yang signifikan bimbingan agama di masyarakat terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa? (3)Apakah ada pengaruh yang signifikan Pendidikan Agama Islam di sekolah terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa?; dan (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan bimbingan agama dalam Keluarga, masyarakat dan Pendidikan Agama Islam di sekolah secara bersama-sama terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa SMK Se-Kabupaten Indragiri Hulu? Penelitian ini adalah field research yaitu peneliti langsung kelapangan mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 3101 siswa dan sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan berjumlah 96 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi berganda. Untuk menganalisis data menggunakan program SPSS for Windows Release 20.0. Hasil penelitian: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan agama dalam keluarga terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa dengan hasil perhitungan 0.000 < 0.05. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan agama di masyarakat terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa dengan hasil perhitungan sebesar 0.017 < 0.05; ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan agama Islam di sekolah terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa dengan hasil perhitungan yakni 0.000 < 0.05; keempat, terdapat pengaruh secara signifikan bimbingan agama dalam keluarga, masyarakat dan sekolah secara bersama-sama terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa SMK Se-Kabupaten Indragiri Hulu. Hal didasarkan besar nilai F adalah 13,763 sedangkan besar signifikannya adalah 0,000. signifikan ANOVA 0,000 < 0,05. Persamaan garis regresinya adalah Y = 15,861 + 0,208 (X1 ) + 0,112 (X2 ) + 0,460 (X3 ). Konstanta sebesar 15,861; artinya jika Bimbingan agama dalam keluarga bimbingan agama di masyarakat dan Pendidikan agama Islam di sekolah nilainya adalah 0, maka Perbaikan Perilaku Menyimpang nilainya adalah 15,861. Sumbangan pengaruh bimbingan agama dalam keluarga, masyarakat dan pendidikan agama Islam di Sekolah terhadap perbaikan perilaku menyimpang siswa SMK adalah 31,0% yang dikategorikan rendah, sedangkan sisanya 69% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini