Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; mendeskripsikan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, mendeskripsikan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, dan mendeskripsikan apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat Kemampuan dan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Polulasi dalam penelitian ini adalah Seluruh SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru dan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru berjumlah 20 orang guru PAI. Dalam hal ini digunakan teknik sensus (semua populasi diteliti ).Berdasarkan hasil analisa yang penulis lakukan, dapat diketahui bahwa Kemampuan Guru Pendidikan Agama Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, menunjukkan persentase yakni 66.08%, dalam hal ini dapat dikategorikan “Baik”. Artinya Guru Pendidikan Agama memiliki kemampuan yang baik Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru mencapai 69.54 % masuk dalam kategori “Baik”. Artinya Guru Pendidikan Agama Islam memiliki kreativitas yang baik Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Faktor yang mempengaruhi kemampuan dan kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri Se Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru adalah ada dua yaitu: 1) Faktor pendukung; a )Situasi yang menghadirkan ketidaklengkapan serta keterbukaan,b) Situasi yang memungkinkan dan mendorong timbulnya banyak pertanyaan, c ) Situasi yang dapat mendorong dalam rangka menghasilkan sesuatu, d ) Situasi yang mendorong tanggungjawab dan kemandirian, e ) Situasi yang menekankan inisiatif diri untuk menggali, mengamati, bertanya, mencatat, menerjemahkan, menguji hasil prakiraan dan mengkomunikasikan, 2) Faktor yang menghambat kemampuan dan kreativitas guru dalam pembelajaran adalah sebagai berikut; a )Adanya kebutuhan akan keberhasilan, ketidakberanian dalam menanggung resiko atau upaya mengejar sesuatu yang belum diketahui; b) Konformitas terhadap teman-teman kelompoknya dan tekanan sosial; c ) Kurang berani dalam melakukan eksplorasi, menggunakan imajinasi dan penyelidikan; d) Diferensiasi antara bekerja dan bermain; e ) Otoritarisme; f ) Tidak menghargai fantasi