TATA KELOLA INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PEKANBARU

Main Author: FATHUR ROZAK, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24819/1/FILE%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24819/2/BAB%20IV%20HASIL.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24819/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fathur Rozak, (2019): Tata Kelola Inventarisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru Inventaris merupakan kegiatan utama yang dilakukan pada saat serah terima barang yang dilakukan oleh pihak pertama, dalam rangka usaha penyempuranaan pengelolaan yang efektif. Sehingga tidak terjadi lagi permasalahan berupa kegiatan inventaris yang belum tertib administrasi sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tata kelola inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan, serta faktor penghambat dan pendukung di sekolah menengah kejuruan negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana, staf sarana, kepala tata usaha, kepala sekolah, dan guru di sekolah menengah kejuruan negeri 2 Pekanbaru. Untuk memperoleh data penelitian digunakan teknik pengumpulan data melalu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan transkripsi, pengkodean dan interpretasi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) tata kelola inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru sudah mulai baik, dilihat dari kegiatan inventaris terutama pencatatan, klasifikasi, dan kodefikasi berdasarkan asal asul pembelian barang. Selanjutnya pelaporan dan penghapusan barang inventaris di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru telah berdasarkan surat perintah atau edaran dari Dinas Pendidikan. (2) Faktor-faktor yang mendukung inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru adalah adanya kerjasama antara warga sekolah dan fasilitas yang memadai berupa format inventaris yang terkomputerisasi sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan faktor yang menghambat inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru adalah jumlah barang yang banyak, sumber daya manusia yang rendah dan usia yang relatif tua. Bisa di terapkan dalam bentuk pedoman inventarisasi bagi sekolah maupun di instansi lain, dan penelitian ini dikaji hanya di prodi Manajemen Pendidikan Islam mungkin bisa dilanjutkan di prodi lain dengan PT umum. Kata Kunci: Inventarisasi, Sarana dan Prasarana Pendidkan, Tata Kelola,