PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU
Main Author: | DESWARA MARZALIA, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24803/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24803/2/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24803/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Deswara Marzalia, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran brainstorming dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, ada tidaknya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Pekanbaru, dengan sampel kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket self efficacy dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran brainstorming dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional; 2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Brainstorming, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy.