PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU

Main Author: YELCY J. SULAINI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24772/1/SKRIPSI%20YELCY%20J.%20SULAINI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24772/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24772/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yelcy J. Sulaini, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, kemudian ada atau tidaknya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah factorial experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru, dengan sampel kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Pengumpulan data berupa angket self efficacy dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan teknik tes. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Brainstorming, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.