فعالية تطبيق مدخل التعليم والتعلم السياقي (CTL) بالطريقة المباشرة لترقية استيعاب المفردات في المدرسة المتوسطة الإسلامية مسمور بكنبارو

Main Author: MAWADDATI YAHYA, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24743/1/BAB%204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24743/2/MAWADATI%20YAHYA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24743/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mawaddati Yahya, (2019): Efektifitas Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Metode Mubasyirah untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata di MTs Masmur Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode mubasyirah untuk meningkatkan penguasaan kosakata di MTs Masmur Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode mubasyirah efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata di MTs Masmur Pekanbaru?”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Masmur Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 2 dan VIII 1 MTs Masmur Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah efektifitas penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode mubasyirah untuk meningkatkan penguasaan kosakata di MTs Masmur Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode mubasyirah efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata di MTs Masmur Pekanbaru. Karena nilai To = 4,81 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,72 dan taraf signifikansi 5% = 2,02. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode mubasyirah efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata di MTs Masmur Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, Pendekatan Contexyual Teaching and Learning, Metode Mubasyirah, Penguasaan Kosakata.