UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUBAH PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Annisa Mardatila, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24740/1/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24740/2/BAB%20IV%20%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24740/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengubah persepsi siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Maka adapun upaya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan melakukan kerjasama antara sekolah dengan orang tua siswa, dan masyarakat. Instrument penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas IX yang bejumlah 85 orang. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengubah persepsi siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar sudah baik, dengan frekuensi 79%, yang berada pada rentang 61% - 80%. Berdasarkan hasil penelitian melalui angket tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengubah persepsi siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar sudah baik, dengan frekuensi 80,26% yang berada pada rentang 61% - 80%. Faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengubah persepsi siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: perhatian, set, kebutuhan, sistem nilai, ciri kepribadian, lingkungan, kondisi objek, dan perseptor. Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengubah Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam