Daftar Isi:
  • Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru hendaklah menerapkan strategi pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir telah menerapkan strategi resume kelompok dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi resume kelompok dan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi penerapan strategi resume kelompok dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Subjek penelitian adalah guru Fiqih sedangkan objek dari penelitian ini adalah penerapan strategi resume kelompok pada mata pelajaran Fiqih. Populasi penelitian berjumlah 1 orang guru Fiqih dan dalam penelitian ini penulis tidak menggunakan sampel. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik observasi untuk mengumpulkan data tentang penerapan strategi resume kelompok. Selain itu penulis menggunakan teknik wawancara untuk mengumpulkan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi resume kelompok pada mata pelajaran Fiqih. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis. Oleh karena penelitian ini bersifat deskriptif, maka penulis menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase, dengan rumus : P = 100 % Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan strategi resume kelompok pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dikategorikan Cukup Baik. Secara kuantitatif diperoleh angka persentase akhir sebesar 68 %. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi resume kelompok dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir adalah factor latar belakang pendidikan guru yang berasal dari keguruan, faktor siswa yang mendukung, faktor tujuan pembelajaran, faktor lingkungan yang kondusif dan faktor sarana atau fasilitas yang lengkap.