PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG
Main Author: | Suci Darmi, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24638/1/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24638/2/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24638/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Jenis penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasi exsperiment dan desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Ilmu Pengetahuan Sosial kelas XI, sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X, XI, dan XII berjumlah 264 orang sedangkan sampelnya yaitu kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 78 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknikan alisis data yang digunakan adalah test âtâ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu (85,60) dibandingkan kelas control yaitu (74,81). Berdasarkananalisisuji-t menunjukkanbahwa data akhir diperoleh nilait hitung= 5,200 dan ttabel= taraf signifikan 5% (1,667) maupun 1% (2,405) atau1,667 <5,200> 2,405. Nilai thitung>ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang yang bearti menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Kontribusi pengaruh penggunaan model pembelajaranprobing prompting (variabel X) sebesar 35,56% terhadap kemampuan berfikir kritis siswa (variabel Y) dalam pembelajaran ekonomi. Sedangkan sisanya sebesar 64,44 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam kajian penelitian ini.