PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: Fitria Rizka Mulyani, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24634/2/File%20lengkap%20sampai%20lampiran%20kecuali%20hasil%20penelitian.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24634/1/File%20hasil%20penelitian.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24634/
Daftar Isi:
  • Fitria Rizka Mulyani, (2019): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Self Efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan Self Efficacy matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. (2)Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy matematis tinggi, sedang dan rendah. (3)Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy matematis siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau berdasarkan self efficacy matematis siswa SMP. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Koneksi Matematis, Self Efficacy Matematis.