Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi media kartu soal terhadap hasil belajar kimia siswa khususnya pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung=3,739 dan ttabel=2,000. Hal ini menunjukkan thitung>ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi media kartu soal terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru dengan nilai Koefisien Pengaruh sebesar 17,05%. Kata kunci: Problem Based Learning, Media Kartu Soal, Hasil Belajar