EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE MIM-MEM DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KALIMAT YANG TERSENBUNYI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYYAH 1 PEKANBARU
Main Author: | Wendy Morrizha Pritantoro, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2462/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2462/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2462/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2462/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2462/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2462/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2462/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2462/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode mim-mem dengan menggunakan permainan kalimat yang tersembunyi untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa dalam berbahasa Arab, dengan melihat ada tidaknya perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pelaksanaan Metode Mim-Mem Dengan Menggunakan Permainan Kalimat Yang Tersembunyi Efektif Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa di SMP Muhammadiyyah 1 Pekanbaru?”. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII 5 dan VIII 6 di SMP Muhammadiyyah 1 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah efektifitas metode mim-mem dengan menggunakan permainan Kalimat Yang Tersembunyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa di SMP Muhammadiyyah 1 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas II SMP Muhammadiyyah 1 Pekanbaru TahunAjaran 2015/2016. dan sampelnya adalah siswa kelas VIII 5 dan VIII 6. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas yang menggunakan permainan kalimat yang tersembunyi dengan yang tanpa menggunakan permainan kalimat yang tersembunyi. Karena nilai To = 3.21 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain permainan Kalimat Yang Tersembunyi efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa SMP Muhammadiyyah 1 Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Media, Permainan, Kosakata Arab