PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Veri Novrika, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/ |
ctrlnum |
2461 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED
DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR
TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X
MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH
DARUL HIKMAH PEKANBARU</title><creator>Veri Novrika, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar terhadap hasil
belajar kimia siswa yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa
dikarenakan pembelajaran kimia di sekolah masih terbiasa belajar teacher
centered, konsep yang dimiliki siswa lebih bersifat hafalan. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi experiment dengan sampel kelas X MIA 1 sebagai
kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided discovery
learnig dengan media kartu pintar dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol
menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran ceramah. Pengaruh
penerapan model guided discovery learnig dengan kartu pintar dapat dilihat dari
selisih nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, yaitu pada
kelas eksperimen didapat sebesar 26,25 dan kelas kontrol sebesar 29,81.
Kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh nilai thitung= 0,11 dan ttabel = 2,00
pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung < ttabel. Berdasarkan hasil analisis
data tersebut, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh penerapan terhadap hasil
belajar menggunakan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media
kartu pintar pada pokok bahasan hukum dasar kimia kelas X MIA Madrasah
Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru,
Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kartu Pintar, Hasil Belajar, Hukum
Dasar Kimia.</description><date>2016-02-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/7/EM.pdf</identifier><identifier> Veri Novrika, (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>2461</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Veri Novrika, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED
DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR
TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X
MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH
DARUL HIKMAH PEKANBARU |
publishDate |
2016 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2461/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar terhadap hasil
belajar kimia siswa yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa
dikarenakan pembelajaran kimia di sekolah masih terbiasa belajar teacher
centered, konsep yang dimiliki siswa lebih bersifat hafalan. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi experiment dengan sampel kelas X MIA 1 sebagai
kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided discovery
learnig dengan media kartu pintar dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol
menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran ceramah. Pengaruh
penerapan model guided discovery learnig dengan kartu pintar dapat dilihat dari
selisih nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, yaitu pada
kelas eksperimen didapat sebesar 26,25 dan kelas kontrol sebesar 29,81.
Kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh nilai thitung= 0,11 dan ttabel = 2,00
pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung < ttabel. Berdasarkan hasil analisis
data tersebut, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh penerapan terhadap hasil
belajar menggunakan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media
kartu pintar pada pokok bahasan hukum dasar kimia kelas X MIA Madrasah
Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru,
Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kartu Pintar, Hasil Belajar, Hukum
Dasar Kimia. |
id |
IOS7815.2461 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:39Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821887842058240 |
score |
17.538404 |