PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: Veri Novrika,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2461/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/
ctrlnum 2461
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED&#xD; DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR&#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X&#xD; MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH&#xD; DARUL HIKMAH PEKANBARU</title><creator>Veri Novrika, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model&#xD; pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar terhadap hasil&#xD; belajar kimia siswa yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa&#xD; dikarenakan pembelajaran kimia di sekolah masih terbiasa belajar teacher&#xD; centered, konsep yang dimiliki siswa lebih bersifat hafalan. Penelitian ini&#xD; merupakan penelitian quasi experiment dengan sampel kelas X MIA 1 sebagai&#xD; kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided discovery&#xD; learnig dengan media kartu pintar dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol&#xD; menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran ceramah. Pengaruh&#xD; penerapan model guided discovery learnig dengan kartu pintar dapat dilihat dari&#xD; selisih nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, yaitu pada&#xD; kelas eksperimen didapat sebesar 26,25 dan kelas kontrol sebesar 29,81.&#xD; Kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh nilai thitung= 0,11 dan ttabel = 2,00&#xD; pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung &lt; ttabel. Berdasarkan hasil analisis&#xD; data tersebut, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh penerapan terhadap hasil&#xD; belajar menggunakan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media&#xD; kartu pintar pada pokok bahasan hukum dasar kimia kelas X MIA Madrasah&#xD; Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru,&#xD; Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kartu Pintar, Hasil Belajar, Hukum&#xD; Dasar Kimia.</description><date>2016-02-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2461/7/EM.pdf</identifier><identifier> Veri Novrika, (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>2461</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Veri Novrika,
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MATEMATIKA ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
publishDate 2016
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/2461/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2461/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar terhadap hasil belajar kimia siswa yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran kimia di sekolah masih terbiasa belajar teacher centered, konsep yang dimiliki siswa lebih bersifat hafalan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan sampel kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran ceramah. Pengaruh penerapan model guided discovery learnig dengan kartu pintar dapat dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, yaitu pada kelas eksperimen didapat sebesar 26,25 dan kelas kontrol sebesar 29,81. Kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh nilai thitung= 0,11 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung < ttabel. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh penerapan terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran guided discovery learnig dengan media kartu pintar pada pokok bahasan hukum dasar kimia kelas X MIA Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kartu Pintar, Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia.
id IOS7815.2461
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:39Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:39Z
recordtype dc
_version_ 1674821887842058240
score 17.538404