Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu tingkat ekonomi orang tua (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pekanbaru, dengan rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan negeri 4 pekanbaru ? Subjek penelitian ini adalah orang tua dan siswa SMK Negeri 4 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitiannya adalah tingkat ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan negeri 4 pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, dokumentasi dan wawancara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi, dan kedua variabelnya berskala ordinal maka data dianalisis dengan teknik Korelasi Koefisien Kontingensi. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan Korelasi Koefesien Kontingensi diketahui tingkat ekonomi orang tua berpengaruh terhadapmotivasi belajar siswa, dengan perolehan diperoleh harga Phi () 0,265 lebih besar dari “r” tabel pada taraf signifikan 5% = 0,232 Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan antara tingkat ekonomi orang tua terhadapmotivasi belajar siswa.