PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KAMPAR

Main Author: FEMILDA EKA WULANDARI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24586/1/BAB%204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24586/2/SKRIPSI%20FEMILDA%20EKA%20WULANDARI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24586/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Femilda Eka Wulandari, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan minat belajar siswa SMP Negeri 7 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran RME berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan minat belajar siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis, Minat Belajar Siswa