PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONCEPT SISWA SMP NEGERI 1 SUNGAI BATANG

Main Author: RISNA DEWI, 11515201245
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24561/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24561/2/SKRIPSI%20RISNA%20DEWI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24561/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Risna Dewi, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Concept Siswa SMP Negeri 1 Sungai Batang Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berdasarkan self-concept siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah nonequivalent group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Batang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self-concept tinggi, sedang dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi pendekatan pembelajaran open-ended dan self-concept siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan pembelajaran open-ended dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Kata kunci : Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Concept