PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMAPAR

Main Author: Sulastri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2454/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2454/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2454/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2454/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2454/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2454/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2454/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2454/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Tentang Memahami Sejarah Memahami Kenempakan Alam dan Keragaman Suku Bangsa dilingkungan Kabupaten/Kota Sekitar di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali Pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun Pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terbagi atas 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini ada dua, yaitu teknik observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Pada sebelum tindakan siswa yang motivasi belajar siswa adalah 3 orang siswa atau dengan persentase 20%, siklus I meningkat menjadi 7 orang siswa atau dengan persentase 46.66%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 13 orang siswa atau dengan persentase 86.66%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialdi kelas IV Madrasah Ibtidaiyah muhammadiyah Pulau Tengah Desa Aursati kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.