PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 8 PEKANBARU
Main Author: | SITI SRI AMBARWATI, 11515203807 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24529/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24529/2/UPLOAD%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24529/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Siti Sri Ambarwati, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 8 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa model REACT, mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self efficacy tinggi, sedang dan rendah serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran REACT dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII. 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa model REACT di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Berdasarkan hasil uji anova dua arah dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 8 Pekanbaru serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran REACT dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring), Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy.