ANALISIS FRAMING DETIK.COM PADA PEMBERITAAN KAMPANYE TERBUKA CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019-2024 EDISI 13 APRIL 2019
Main Author: | Julia Puspita, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24512/1/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24512/2/BAB%20V%20BARU.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24512/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nama : Julia Puspita Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Framing Detik.Com Pada Pemberitaan Kampanye Terbuka Calon Presiden Dan Wakil Presiden 2019-2024 Edisi 13 April 2019 Penelitian ini berfokus pada framing mengenai pemberitaan kampanye terbuka hari terakhir capres dan cawapres di media online detik.com. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana media online detik.com memframing pemberitaan kampanye terbuka capres dan cawapres. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, dengan model Zhondang Pan dan Gerald M Kosicki yang menggunakan empat struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris.. Hasil penelitian mengungkapkan pada struktur sintaksis detik.com Balance (berimbang) karena ia memberitakan kedua calon Presiden dan Wakil Presiden dengan baik dan memberitakan secara pro. Pada struktur skrip detik.com lebih mengedepankan unsur ketokohan (who) , karena pemberitaan ini menyangkut kegiatan kampanye terbuka yang dilakukan oleh masing-masing pasangan calon. Pada struktur tematik detik.com melakukan framing dengan berimbang, karena sama-sama mengambil satu narasumber dan juga ada tambahan opini dari penulis. Pada struktur retoris detik.com berusaha mengedepankan fakta-fakta dalam pemberitaan dengan pemilihan kata-kata yang mendukung pemilihan judul dan juga sudut pandang, penggunaan bahasa dan juga foto yang ditampilkan. Kata Kunci : Analisis Framing, Pemberitaan Kampanye