PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBAH

Main Author: DEVI YANA NASUTION, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24507/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24507/2/SKRIPSI%20GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24507/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Devi Yana Nasution (2019): Pengaruh Interaksi Edukatif terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah. yang dilatar belakangi oleh oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh interaksi edukatif terhadap motivasi belajar pada siswa. Teknik pengumpulan datanya dalam penelitian ini mengunakan angket, dokumentasi dan,sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan mengunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai r (pearson correlation) dari korelasi variabel X (interaksi edukatif) dengan Y (Motivasi Belajar Siswa) adalah sebesar 0,856 dengan tingkat probabilitas 0,000, Oleh karena Sig. (1-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah. Sumbangan Pengaruh Variabel X Terhadap Variabel Y Sebesar 0,734% Atau Variasi Variabel Interaksi-Edukatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi mampu menjelaskan Sebesar 73,4% Sedangkan Sisanya Sebesar 26,6% (100-73,4) Dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini Kata kunci: Interaksi Edukatif–Motivasi Belajar.