Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru

Main Author: Hermawan Susanto, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24481/1/SKRIPSI%20HERMAWAN%20SUSANTO.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24481/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24481/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hermawan Susanto, (2019): Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya keaktifan belajar siswa di madrasah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X dan XI IPS dan objek penelitian ini adalah pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan mengunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan keaktifan belajar siswa di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Hasil ini terbukti dari perbandingan thitung dengan ttabel, didapati thitung lebih besar dari ttabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1%(0,339<0,688>0,436), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 47,3% sedangkan sisanya (100% - 47,3% = 52,7%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. . Kata kunci: Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar