EFEKTIVTAS METODE PENGONTROLAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN MUFRADAT DI SMP ISLAM TERPADU BANGKINANG
Main Author: | Sarwo Edi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2444/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2444/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2444/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2444/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2444/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2444/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2444/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2444/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas metode pengontrolan bahasa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan mufradat di SMP Islam Terpadu Bangkinang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan kelas VIIB SMP Islam Terpadu Bangkinang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah efektifitas metode pengontrolan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan mufradat. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Test dan Observasi. Test dilaksanakan sebelum dan sesudah menggunakan metode pengontrolan bahasa, sedangkan observasi dilaksanakan ketika proses pembelajaran berlangsung. Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode pengontrolan bahasa efektif untuk meningkatkan kemampuan menggunakan mufradat siswa kelas VIIB SMP Islam Terpadu Bangkinang. Hal ini dapat dilihat dari hasil To lebih besar dari T. Dimana To = 4,07 dan T 54= ( 5% = 2,00 dan 1% = 2,67). Jadi 2,01 < 3,44 > 2,68. Sedangkan dari hasil pengamatan diperoleh skor 76,66% hal ini menunjukkan bahwa metode pengontrolan bahasa efektif dengan angka persentase 76,66 %. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari standar yang telah ditetapkan bahwa perolehan 80-89% adalah baik. Dari keterangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.