Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu

Main Author: Kiky Wulandari, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24414/1/BAB%20IV%20KIKY%20FIX.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24414/2/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24414/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kiky Wulandari, (2019): Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Siak Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Siak Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.F sebagai kelas eksperimen dan VIII.D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket kemandirian belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 adalah uji-t sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai t_hitung= 5,830> t_tabel=2 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran metakognitif dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran metakognitif. Hasil analisis data menggunakan anova dua arah menunjukkan 〖F(B)〗_hitung=8,91>〖F(B)〗_tabel=3,15 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah dan menunjukkan 〖F(A×B)〗_hitung=0,99<〖F(A×B)〗_tabel=3,15 sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil tersebut mengidentifikasi bahwa strategi pembelajaran metakognitif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, khususnya kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Strategi Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian Belajar.