Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs al-Fajar Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs al-Fajar pekanbaru?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Al-Fajar Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian nya adalah. pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs al-Fajar Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga lokal. Mengingat hanya dua lokal yang akan dijadikan sampel maka penulis melakukan penarikan sampel dengan teknik random sampling setelah diketahui homogen nya dari ketiga lokal tersebut dengan cara uji homogenitas metode bartlet. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi dan dokumentasi Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus Tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs al-Fajar Pekanbaru. Dimana thitung = 2,99 yang berarti lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% = 2,02 maupun pada taraf signifikan 1% = 2,72 = (2.02 > 2,92 < 2.72).