EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIM-MEM DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN NAIK TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU)

Main Author: Rajab,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2436/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2436/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2436/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2436/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2436/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2436/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2436/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2436/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Permainan Naik Tangga Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Permainan Naik Tangga Efektif Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel siswa kelas 2C dan 2D Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru.Subjek penelitian adalah siawa dan guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Hasanah. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Mim Mem dengan Menggunakan Permainan Naik Tangga efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Karena nilai To = 5.95 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Permainan Naik Tangga efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru.