PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PINTAR DAN KARTU SOAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU

Main Author: Rahmi Mardalena,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2435/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2435/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2435/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2435/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2435/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2435/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2435/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2435/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep kimia siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau pada pokok bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Perhitungan Kimia. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat menantang siswa untuk belajar aktif menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep siswa dengan didukung oleh media kartu pintar dan kartu soal serta mengetahui besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ATP 4 (kelas eksperimen) dan kelas X ATP 3 (kelas kontrol) tahun ajaran 2014/2015 yang dipilih secara simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah instrument tes untuk melihat pemahaman konsep kimia siswa yang telah divalidasi terlebih dahulu. Data dianalisis menggunakan uji t untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran problem based learning menggunakan media kartu pintar dan kartu soal berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa; (2) besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep siswa adalah sebesar 22,62%. Kata Kunci: Model pembelajaran problem based learning, kartu pintar, kartu soal, pemahaman konsep, hukum-hukum dasar kimia dan perhitungan kimia