Efektivitas Pendekatan Client Centered Therapy dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mandah
Main Author: | Sy, Nisva Azmila, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24337/1/BAB%20IV%20HASL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24337/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24337/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sy, Nisva Azmila, (2019): Efektivitas Pendekatan Client Centered Therapy dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mandah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pendekatan Client Centered Therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Meningkatkan regulasi diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mandah dengan cara memberikan pendekatan Client Centered Therapy dalam layanan konseling kelompok, regulasi ialah suatu peningkatan dalam mengatur perasaan, perilaku, dan percaya terhadap keterempilan sendiri. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif Pre Eksperimen dengan jenis Pre-test Post-test One Group Design. Di mana subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mempunyai regulasi diri, sedangkan objeknya adalah pendekatan Client Centered Therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas angket mengunakan pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Untuk mengetahui dapat di terapkan pendekatan Client Centered Therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan regulasi diri siswa digunakan analisis data dengan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata skor regulasi diri siswa sebelum di beri perlakuan (pre-test) pendekatan Client Centered Therapy dalam layanan konseling kelompok adalah 77 dan setelah diberikan perlakuan (post-test) pendekatan Client Centered Therapy dalam layanan konseling kelompok adalah 113.2. dari hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05, yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho)di tolak dan hipotesis alternatif (Ha)di terima. Dapat di simpulkan bahwa pendekatan Client Centered Therapy dalam layanan konseling kelompok dapat diterapkan untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Kata Kunci: Regulasi diri, Pendekatan Client Centered Therapy, Layanan Konseling Kelompok