Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Therapy dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Mengatasi Gangguan Emosional Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru

Main Author: Siti Aisyah, 11413203015
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24328/1/BAB%20IV%20HASL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24328/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24328/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Aisyah, (2019): Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Therapy dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Mengatasi Gangguan Emosional Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pendekatan rational emotive therapy dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi gangguan emosional siswa. Masalah yang terjadi dengan siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru ialah gangguan emosional siswa yang tinggi, siswa cenderung mudah tersinggung, kurang berbaur, dan menanggapi suatu masalah dengan berlebihan. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif Pre Eksperimen dengan jenis Pre-Test Post-Test One Group Design. Dimana subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami gangguan emosional yang tinggi sedangkan objeknya adalah pendekatan rational emotive therapy dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi gangguan emosional siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas angket mengunakan pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Untuk mengetahui dapat di terapkan pendekatan rational emotive therapy dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi gangguan emosional siswa digunakan analisis data dengan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata skor gangguan emosional siswa sebelum diberi perlakuan (pre-test) pendekatan rational emotive therapy dalam layanan konseling kelompok adalah 112.9 dan setelah diberikan perlakuan (post-test) pendekatan rational emotive therapy dalam layanan konseling kelompok adalah 76.5. dari hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05, yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan rational emotive therapy dalam layanan konseling kelompok dapat diterapkan untuk menurunkan gangguan emosional siswa. Kata Kunci: Gangguan Emosional, Pendekatan Rational Emotive Therapy, Layanan Konseling Kelompok