Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektroli

Main Author: Wike Yunita Putri, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24324/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24324/2/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24324/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wike Yunita Putri, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tambang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tambang tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sebagai sampel diambil 2 kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data motivasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen angket, yang dianalisis menggunakan uji t untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada taraf signifikansi. Dari hasil diperoleh nilai thitung = 3,148 dengan nilai Sig 2-tailed sebesar 0,002. Jika dilihat dari angka Sig 2-tailed sebesar 0,002, ini berarti lebih kecil dari 0,05. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak (0,002 < 0,05) dan Ha diterima. Ini artinya ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 18,2% Kata Kunci : Project Based Learning, Motivasi Belajar, larutan elektrolit dan non elektrolit