Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Negeri 7 Pekanbaru

Main Author: Mel Ulfa Shohila, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24314/1/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN%20OKE.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24314/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24314/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mel Ulfa Shohila (2019) : Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Negeri 7 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa belum dan sesudah diberikan pelayanan bimbingan kelompok dengan teknik Asertive Training dan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan Teknik Asertive training dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design.. Populasi Penelitian ini seluruh siswa kelas IX IPS SMA Negeri 7 Pekanbaru sebanyak 144 siswa namun penelitian ini dilakukan secara sampel kepada 10 siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional yang rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner tes, dan dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan SPSS For Windows Release 17.00. adapun untuk Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik Assertive training berada dikategori sedang dengan rata-rata berada pada kategori Low Average (dibawah rata-rata) dengan rata-rata 81,8 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training, kecerdasan emosional mengalami peningkatan berada pada kategori High Average (diatas rata-rata) dengan rata-rata 115,8, maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa yang dilihat dari angka probalita Asyimp. Sig (2-tailed) 0.005<0.05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Assertive training, Kecerdasan emosional