EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE DIALOG DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN YA ATAU TIDAK UNTUK MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU
Main Author: | Parubahan Rambe, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2430/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2430/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2430/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2430/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2430/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2430/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2430/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2430/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Dialog dengan menggunakan Permainan Ya atau Tidak untuk meningkatkan maharatul kalam dalam pembelajaran bahasa arab. Dengan melihat ada tidaknya perbedaan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah metode Dialog dengan permainan Ya atau Tidak Efektif Untuk Meningkatkan maharatul kalam siswa di MTs Diniyah PuteriPekanbaru ? Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab MTs DiniyahPuteri Pekanbaru ,sedangkan objeknya adalah efektifitas metode Dialog dengan permainanYa atau Tidak Untuk Meningkatkan maharatul kalam siswa di MTs Diniyah Puteri Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 MTs Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2014/2015 dan sampelny aadalah siswa kelas 8 “أ”dan 8 “ب”. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwadalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Arab antara kelas yang menggunakan metode Dialog dengan menggunakan permainan Ya atau Tidak dengan yang tanpa menggunakan metode Dialog dengan permainan ya atau tidak. Karena nilai To = 3.38 lebihbesar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dantara f signifikansi 5% = 2,00. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode Dialog dengan permainan“Ya atau Tidak” Efektif Untuk Meningkatkan maharatul kalam siswa dalam pembelajaran bahasa arab. di MTs Diniyah Puteri Pekanbaru.