Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Menggunakan Media Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia

Main Author: Dwi Suryani Tuti,, 11317204679
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24293/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24293/2/SKRIPSI%20DWI%20SURYANI%20TUTI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24293/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dwi Suryani Tuti, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Menggunakan Media Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan postest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru (Teacher Center) pada materi ikatan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT menggunakan media animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di kelas X IPA SMA N 14 Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X IPA 3 (kelas eksperimen I) dan X IPA 4 (kelas eksperimen II). Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai t hitung = 3,44 dan t tabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai t hitung > t tabel , sehingga H 0 ditolak dan H a diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran NHT menggunakan media animasi macromedia flah terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di kelas X IPA SMA N 14 Pekanbaru, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 14%. Kata Kunci: NHT, Macromedia Flash, Hasil Belajar.