PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUN NAFIS PANGKALAN KERINCI

Main Author: Nurmaizen,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2426/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2426/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2426/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2426/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2426/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2426/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2426/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2426/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darun Nafis Pangkalan Kerinci. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil belajar yang diperoleh tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan Strategi Index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darun Nafis Pangkalan Kerinci? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Siswa (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darun Nafis Pangkalan Kerinci. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darun Nafis Pangkalan Kerinci. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui hasil tes sebelum penerapan Strategi Index Card Match, hasil belajar siswa diperoleh persentase 40.6%. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar siswa mencapai persentase 71.9%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka 87.5%. Keberhasilan ini dapat tercapai dipengaruhi oleh penerapan Strategi Index Card Match, aktivitas siswa menjadi lebih aktif yang berarti siswa cenderung positif dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan demikian maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Strategi Index Card Match, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial