EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE LANGUAGE CONTROL DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN BERBURU KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA MTS PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Marlina Rahmawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2409/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2409/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2409/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2409/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2409/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2409/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2409/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Metode Language Control dengan menggunakan Permainan Berburu Kata untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa di MTs Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru . Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Language Control dengan Menggunakan Permainan Berburu Kata Efektif Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa di MTs Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 MTs Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel siswa kelas dua A dan B MTs Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siawa dan guru bahasa Arab MTs Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Language Control dengan menggunakan Permainan Berburu Kata efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab siswa MTs Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 3.28 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.. Dengan kata lain Metode Language Control dengan menggunakan Permainan Berburu Kata efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab siswa MTs Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Permainan, metode, Kosakata Arab.