PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AS-SYAFI’IYAH KECAMATAN PENDALIAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: Lisdianti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2405/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2405/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2405/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2405/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2405/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2405/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2405/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2405/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learningtipe MASTERterhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 93 siswa sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 22 siswa (sebagai kelas eksperimen) dan siswa kelas VIIID yang berjumlah 22 siswa (sebagai kelas Kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung selama lima kali pertemuan, yang terdiri atas empat kali pertemuan dengan diterapkan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai = 4,12 lebih besar daripada pada taraf signifikan 5% sebesar 2,07maupun pada taraf 1% sebesar 2,82 atau 4,12 ≥ 2,07 ≥ 2,82. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa adapengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs. As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.