PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEBERHASILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR
Main Author: | Laili Nastiti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2403/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2403/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2403/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2403/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2403/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2403/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2403/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2403/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kampar Kecamatan Kampar. Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu Kompetensi Pedagogik sebagai variabel X (variabel bebas/independen), dan Keberhasilan Mengajar sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Keberhasilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kampar Kecamatan Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kampar Kecamatan Kampar yang berjumlah 5 orang. Karena populasi ini tidak banyak, maka penelitian ini tidak memakai sampel. Penulis menggunakan teknik sensus yaitu mengambil semua populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket dan wawancara. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Dari hasil analisis data diperoleh rxy = 0,760. Dengan memperhatikan besarnya r xy yang diperoleh sebesar 0,760 lebih besar dari tabel harga kritis untuk koefisien korelasi 5% = 0,669 dan lebih kecil pada 1% = 0,833. Berpatokan pada 5%, ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan koefisien determinasinya adalah sebesar 0,58%. Kontribusi pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Keberhasilan Mengajar Guru adalah sebesar 58% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Keberhasilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kampar Kecamatan Kampar.