Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran remedial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Objek penelitiannya adalah pengaruh pelaksanaan pembelajaran remedial terhadap Hasil Belajar Pendidikan Ekonomi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang mengikuti remedial di sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran remedial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII di SMA Negeri 1 Pekanbaru.Besarnya pengaruh pelaksanaan pembelajaran remedial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII di SMA Negeri 1 Pekanbaru adalah 47,2% sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini